Sahabat Zubair Bin Awwam - Biografi Sahabat Nabi


zubair bin awwam

Zubair ibn Awwam adalah sepupu Rasulullah saw. Ibu Zubair, Shafiah bint Abdul Muththolib, adalah bibi Rasulullah saw. Zubair telah memeluk agama islam sejak umur dua belas tahun.


Sang paman murka saat mengetahui Zubair memeluk islam. Ia kemudian menyiksa Zubair.

Zubair diikat. Api berkobar disekelilingnya. Asapnya hampir membuat Zubair pingsan, karena sulit bernafas. Dalam keadaan seperti itu sang paman memaksa Zubair mengingkari Rasulullah saw dan kembali pada ajaran jahiliyah.


Namun, Zubair adalah sosok yang kuat dan tangguh. Selain sang paman, tidak ada orang yang berani mengintimidasi Zubair.

Dan Zubair adalah orang pertama dalam islam yang menghunus pedang sebagai tantangan terhadap musuh.


Suatu ketika, Zubair mendengar kabar bahwa Rasulullah disekap dan diintimidasi di daerah dataran tinggi makkah. Seketika itu, dengan wajah penuh amarah, ia menghunus pedang, dan berkeliling di keramaian. Sampai kemudian ia tiba-tiba bertemu dengan Rasulullah.

 “Ada apa denganmu Zubair?

 “Aku mendengar engkau disekap dan diintimidasi”

Rasulullah kemudian mendoakan Zubair dan pedangnya, lalu berkata, ”Zubair adalah putra ibuku. Setiap nabi memiliki pembela. Dan pembelaku adalah Zubair.


Tak hanya dikenal kuat dan pemberani, Zubair juga dikenal sebagai pedagang yang piawai. Ia pernah ditanya perihal dirinya yang selalu sukses dalam perdagangan.


 “Aku selalu menghindari penipuan dan tak pernah menolak keuntungan. Allah memberkahi siapa saja yang Ia kehendaki,” kata Zubair


Itulah sosok Zubair ibn Awwam, Semoga kita semua bisa menirunya dan melakukannya. Mungkin itu sedikit tentang Sahabat Zubair ibn Awwam.


Silahkan Share ke saudara dan teman-teman. Semoga bermanfaat.


Wasaalamualaikum Wr. Wb.

0 Response to "Sahabat Zubair Bin Awwam - Biografi Sahabat Nabi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel