Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Bisa Diformat dan tidak Terbaca

flashdisk rusak tidak bisa diformat

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Bisa Diformat dan tidak Terbaca - Kita sebagai pengguna dari berkembangnya teknologi zaman sekarang, tentunya sangat dimudahkan untuk menggunakan, mengetahui dan menyimpan data-data pribadi kita. Contoh saja pada Flashdisk, Flashdisk adalah suatu perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data-data penting.

Dilihat dari ukurannya, memang bisa dibilang cukup keciil, namun bisa menyimpan data-data penting kita walau ukurannya cukup besar. Namun, ukuran penyimpanan flashdisk ini juga berbeda-beda, sesuai kebutuhan kita.

Kita juga bisa menyimpannya di komputer atau laptop, seperti file video, foto, musik, dan yang lainnya. Bagi anda yang mempunyai perangkat komputer atau laptop, tentunya tidak jauh dari flashdisk. Karena flashdisk ringan untuk memindahkan suatu file dari komputer ke komputer yang lainnya.


Namun, disisi yang lain flashdisk tentunya juga mengalami kerusakan, sebagai tempat penyimpanan. Salah satu kerusakannya yaitu flashdisk tidak terbaca, atau bahkan flashdisk tidak bisa di format. Tapi tenang, masih ada kemungkinan flashdisk yang tidak terbaca bisa diperbaiki.

Apa penyebab dari flashdisk tidak bis adibaca? Salah satu penyebabnya adalah yaitu kualitas dari flashdisk tersebut, karena beda flashdisk tentunya juga berbeda kualitasnya.

Atau penyebab yang lainnya adalah flashdisk tersebut berisi virus, sehingga bisa menjadikan flashdisk tersebut rusak. Terus Bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa terbaca dan flashdisk yang tidak bisa di format?
Berikut adalah langkah-langkah caranya.

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Bisa Diformat


  1. Masukkan flashdisk di usb komputer anda, kemudian ketik shortcut pada keyboard CTRL + R
  2. Lalu Ketik dikolom perintah sebagai berikut, compmgmt.msc , lalu tekan enter
  3. Maka, kemudian  setelah itu akan terbuka jendela baru program compmgmt, kemudian klik program tersebut. Pada menu nya silahkan pilih Storage yang terdapat di tengah, lalu pilih Disk Management. Biasanya jika Flashdisk tidak rusak parah, maka akan terdeteksi.
  4. Jika sudah terdeteksi, klik kanan lalu pilih Menu Create Partition.
  5. Selanjutnya Format Flashdisk dengan klik kanan lalu pilih Format.

Cara memperbaiki flashdisk rusak tidak bisa terbaca

Langkah awal yang bisa kita akukan untuk mengatasi flashdisk rusak tidak bisa terbaca adalah dengan cara mengecek kerusakannya terlebih dahulu.


  • Langkah pertama yang bisa kita coba yaitu dengan cara menghubungkan atau memasukkan ke usb komputer. Jika terdeteksi di komputer lain, berarti komputer tersebut yang mengalami kerusakan atau masalah pada sistem operasinya.
  • Maka bisa kita cari drivernya untuk menginstal ulang operasi flashdisk di kompuer tersebut. Jika masih tidak terdeteksi, maka kemungkinan penyebabnya adalah dari flashdisk tersebut.


Jika memang masih belum berhasil juga, maka dapat di pastikan flashdisk milik anda sudah usang atau rusak.

Jika anda membeli flashdisk lagi dan menyimpan data-data penting di dalam flashdisk tersebut, namun takut rusak lagi atau terkena virus, maka anda juga bisa menyimpan data-data penting anda di Google Drive, Hardisk. Dan jangan menyimpan data-data tersebut pada satu perangkat saja, namun silahkan back up data-data tersebut.

Mungkin itulah langkah-langkah cara memeperbaiki flashdisk rusak tidak bisa diformat dan tidak terbaca, semoga bermanfaat.


Selamat Mencoba, Semoga berhasil.



0 Response to "Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Bisa Diformat dan tidak Terbaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel